• header_homepage_01.jpg
  • header_homepage_02.jpg
  • header_homepage_03.jpg
Indonesia adalah negara penghasil batu bara terbesar ke lima di dunia. Wajar jika sektor ini termasuk menjanjikan sehingga banyak para pencaker yang berkeinginan untuk bekerja  di perusahaan tambang batubara.
 
Tips Mencari Kerja
 
 
 
 
 
 
 
 
Daftar lima besar Negara Penghasil Batu Bara
1. China dengan produksi sebanyak 3.471 juta ton
2. AS dengan produksi sebanyak 1004 juta ton
3.  India dengan produksi sebanyak 585 juta ton
4.  Australia dengan produksi sebanyak 414 juta ton
5.  Indonesia dengan produksi sebanyak 376 juta ton
 
Bekerja di perusahaan tambang batu bara banyak memberikan tantangan karena  jenis pekerjaan di bidang tambang ini kebanyakan  dilakukan di tempat yang tidak bersih. Tapi karena gaji dan fasilitas yang ditawarkan oleh perusaan cukup tinggi, masyarakat tidak terlalu memperdulikan akan resiko kesehatan yang dihadapi saat mereka bekerja di lapangan.

Peluang karir di bidang ini menjadi menarik bagi banyak orang, terutama mereka yang tinggal di daerah dimana tambang batubara biasanya beroperasi.

Berikut ini adalah tips bagaimana agar anda bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan tambang:
1. Cari informasi tentang  jenis-jenis pekerjaan tambang batubara, dan pastikan pekerjaan itu adalah pekerjaan yang anda minati. Pekerjaan di tambang umumnya akan bersentuhan dengan material yang kotor. Tidak banyak ruang kantor di perusahaan tambang batubara. Anda akan bersentuhan langsung dengan barang dan benda yang kotor, kadang-kadang dalam ruang yang sangat sempit, bahkan bekerja di bawah tanah.

2. Tinggal di dekat daerah pertambangan batubara. Pekerjaan di tambang batubara adalah pekerjaan yang spesifik menurut daerah. Sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan pertambangan batubara dimana di daerah tersebut tidak terdapat batubara, kecuali untuk kantor pusat atau perwakilan pemasaran.
So tak ada salahnya jika anda terlebih dahulu pindah ke daerah dimana ada perusahaan tambang batu bara yang tengah beroperasi jika anda memang benar - benar ingin bekerja di perusahaan tambang batu bara.

3. Cari informasi tentang pelatihan pertambangan batubara yang disponsori oleh industri batubara dan atau pemerintah/dinas pendidikan. Lembaga pendidikan ini akan mengajarkan pada para pekerja mengenai segala sesuatu yang diperlukan untuk  survive di wilayah tambang batubara. Pelatihan ini  termasuk kursus mengenai ledakan gas, kebakaran, serta metode penggalian batubara.

4. Menyelesaikan kursus dan mendapatkan sertifikat/lisensi berdasarkan kualifikasi yang diperlukan. Sertifikasi dan lisesnsi bisa menjadi syarat utama bagi Anda untuk bekerja di tambang batubara. Sebagai contoh, pengemudi truk batubara memerlukan lisensi tertentu.

5. Merupakan nilai tambah bila Anda memiliki pengalaman mengoperasikan mesin tambang, seperti longwall machine, cutting machines dll. Apalagi bila Anda memiliki latar belakang di bidang geologi, mekanik alat berat Tambang, konstruksi, teknik, analis, dan metalurgi. Latar belakang pengalaman lain yang membantu adalah pengalaman lapangan sebagai penambang, mandor pertambangan, ahli metalurgi, ahli geologi tambang bawah tanah, manajer keselamatan, manajer proyek atau supervisor. itulah Tips Mencari Kerja di Perusahaan Tambang Batubara 
 
 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn