• header_homepage_01.jpg
  • header_homepage_02.jpg
  • header_homepage_03.jpg

Tongkang atau Ponton adalah suatu jenis kapal yang dengan lambung datar atau suatu kotak besar yang mengapung, digunakan untuk mengangkut barang dan ditarik dengan kapal tunda atau digunakan untuk mengakomodasi pasang-surut seperti pada dermaga apung.

Ponton digunakan juga untuk mengangkut mobil menyeberangi sungai, didaerah yang belum memiliki jembatan. Sangat banyak digunakan pada tahun 1960an hingga 1980an di jalur lintas Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua. Sekarang sebagian besar sudah digantikan dengan jembatan.

Untuk keperluan wisata, ponton juga masih digunakan. Untuk meningkatkan kestabilan kapal biasanya digunakan dua ponton yang digabungkan secara paralel.

tonkang sendiri tidak memiliki sistem pendorong (propulsi) seperti kapal pada umumnya. Pembuatan kapal tongkang juga berbeda karena hanya konstruksi saja, tanpa sistem seperti kapal pada umumnya. Tongkang sendiri umum digunakan untuk mengangkut muatan dalam jumlah besar seperti kayu, batubara, pasir dan lain-lain. Di Indonesia tongkang banyak diproduksi di daerah Batam (Kepulauan Riau) yang merupakan salah satu basis produksi perkapalan di indonesia

Kapal tongkang mempunyai ukuran mulai dari 180ft sampai dengan 330ft. Diantara itu ada ukuran 230ft, 270ft dan 300ft. Masing-masing ukuran memiliki kapasitas maksimal daya angkut dan sekali lagi semua tergantung juga pada barang yang akan di angkut.

I. Tongkang 180 feet

Kapal Tongkang dengan kapasitas ini adalah yang paling kecil yang biasa disediakan oleh pemilik tongkang. Tongkang 180 feet ini sanggup untuk mengangkut sampai 2000 MT ( tergantung kondisi dan jenis muatan ) . Bila Anda hendak menyewa kapal tongkang, silahkan klik halaman Hubungi Kami dan isi form yang tersedia, lalu klik send.

II. Tongkang 230 feet

Nah, Tongkang yang satu ini termasuk berukuran sedang kecil, dan sanggup untuk mengangkut sampai dengan 4000 MT (tergantung kondisi dan jenis muatan). Bagi Anda yang sedang mencari angkutan yang sesuai dengan kebutuhan muatan Anda, mohon untuk memberikan detil pengiriman, dan detil barang yang akan dikirim, agar kami dapat menghitung, agar sesuai dengan kapasitas kapal.

III. Tongkang 270 feet

Bagi anda yang sedang membutuhkan Tongkang 270 feet, info ini mungkin berguna: Kapal angkut ini sanggup untuk mengangkut sampai 6000 MT ( tergantung kondisi dan jenis muatan ). Banyaknya dari muatan berdasarkan volume dan tonasenya harus dihitung terlebih dahulu sebelum melakukan kontrak kerjasama, agar tidak terjadi salah kalkulasi, dan agar juga sesuai dengan kapasitas dari kapal tongkang 270 feet ini.

IV. Tongkang 300 feet

Ukuran ini tergolong kapal tongkang yang paling besar, dan kapal tongkang ini banyak digunakan untuk membawa muatan yang banyak, berat dan volume yang besar. Kapal angkut ini sanggup untuk mengangkut sampai dengan 8000 MT (tergantung kondisi dan jenis muatan). Sewa Kapal Tongkang 300 feet biasanya untuk memuat alat-alat berat, dan alat pertambangan, dan kapal tongkang ini dapat memenuhi kebutuhan anda untuk angkutan laut sesuai kebutuhan anda, melayani anda untuk seluruh Indonesia, setiap hari, dengan kesiapan kapal yang layak laut dan dengan kru yang berpengalaman.


*Note :
180 ft = 2000 MT
200 ft = 2500 MT
230 ft = 3000 MT
250 ft = 3500 MT
270 ft = 5000 MT
270 ft jumbo = 7000 MT
300 ft banci = 7000 MT
300 ft = 8000 MT
330 ft = 9000 ton
330ft jumbo = 11.000 MT
 
* Sumber Lainnya

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn